Produksi Pertamina dari Blok Cepu Akan Naik 85 Persen Tahun Depan

Safrezi Fitra
2 November 2015, 19:37
No image
Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta.

KATADATA - Hasil produksi yang didapat PT Pertamina (Persero) dari Blok Cepu akan meningkat hampir dua kali lipat tahun depan. Peningkatan ini seiring dengan produksi blok migas tersebut yang akan mencapai puncak akhir tahun ini.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Direktorat Hulu Pertamina Meidawati mengatakan Pertamina mendapat 45 persen dari hasil produksi Blok Cepu. Dengan total produksi tahun ini sebesar 80.000 barel perhari, Pertamina akan mendapat bagian tahun ini sebesar 40.000-42.000 barel per hari.

Advertisement

Tahun depan produksi Blok Cepu akan mencapai puncak sebesar 165.000 barel per hari. Dengan puncak produksi ini, bagian Pertamina dari blok migas tersebut akan meningkat hingga mencapai 74.000 barel per hari.

"Itu tergantung dari (produksi) train A dan train B-nya, yang satu November dan yang satu Desember. Jadi tahun depan itu kami akan memproduksi bagian kami sebanyak 74.000 barel per hari," kata Meida di Gedung Pertamina Jakarta, Senin (2/11).

Menurut Meidawati, Blok Cepu menjadi andalan untuk mendukung produksi Pertamina tahun depan. Namun, dia belum bisa menyebutkan berapa target produksi minyak Pertamina tahun depan. Hingga September tahun ini produksi Pertamina baru mencapai 95 persen dari target. Volume produksinya hanya 277.000 barel per hari, sementara targetnya sebesar 283.000 barel per hari.

Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan membenarkan adanya tambahan produksi Pertamina dari Blok Cepu. Dia mengatakan tahun depan produksi blok migas tersebut akan mencapai 165.000 barel per hari.

"Itu karena train A dan train B, yang merupakan Central Production Facility (fasilitas produksi utama), sudah bisa operasi. Sebagian kan tahun ini insya Allah gitu ya (November-Desember). Januari insya Allah sudah bisa (Pertamina ambil bagiannya)," ujarnya saat dihubungi katadata, Senin (2/11). 

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement