Dirjen Pajak Mundur, JK: Masalahnya Ekonomi Menurun

Yura Syahrul
2 Desember 2015, 16:41
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|KATADATA
Jusuf Kalla KATADATA|Arief Kamaludin

KATADATA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi pengunduran diri Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito dengan alasan tidak bisa mencapai target penerimaan pajak. Namun, tidak tercapainya target penerimaan pajak tersebut bukan disebabkan ketidakmpuan Dirjen Pajak.

“Kita menghargai sportivitas dan kejujurannya,” kata Kalla usai memberikan sambutan dalam Musyawarah Nasional Real Estate Indonesia di Jakarta, Rabu (2/12). Ia pun menilai tidak tercapainya target penerimaan pajak tahun ini bukan semata karena masalah ketidakmampuan Dirjen Pajak. Masalah perlambatan ekonomi dunia dan juga di Indonesia, turut menyebabkan penurunan penerimaan pajak.

Advertisement

Jadi, tidak tercapainya target penerimaan pajak tahun ini bukan karena target yang ditetapkan terlalu tinggi. “Kalau ekonomi kita sama dengan dua tahun hingga tiga tahun lalu, (target) pasti tercapai,” imbuh Kalla.

Di sisi lain, Wakil Presiden tidak secara tegas menilai peran dan tanggung jawab Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam penetapan target penerimaan pajak tahun ini. “Pada saat mau diangkat, Dirjen Pajak (Sigit) memberikan rencana itu,” katanya. Begitu pula ketika ditanyakan dampak masalah tersebut terhadap posisi Bambang ke depan sebagai menteri. “Ini kan namanya mengundurkan diri, bukan diminta mundur,” kata Kalla.

(Baca: Tak Mampu Capai Target, Dirjen Pajak Mundur)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement