Evaluasi Rampung, Paket Kebijakan Ketujuh Diumumkan Besok

Muchamad Nafi
3 Desember 2015, 16:00
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Kepala BKPM Franky Sibarani
Arief Kamaluddin | Katadata

KATADATA - Setelah lama tak ada kabar, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution akhirnya menyatakan paket kebijakan ekonomi tahap tujuh diumumkan besok. Pertimbangannya, evaluasi paket kebijakam sebelumnya sudah mencapai 90 persen.

“Deregulasi (diumumkan) besok,” kata Darmin usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di kantornya, Jakarta, Kamis, 3 Desember 2015. (Baca: Jokowi: Paket Kebijakan untuk Cari Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru).

Perkembangan evaluasi ini sudah lebih maju dibanding dengan dua pekan lalu yang baru mencapai 70 persen. Walau demikian, Darmin perlu menyampaikan kembali ke Presiden Jokowi tentang hasil evaluasi tersebut.

Karena itu, dia belum mengambil keputusan poin apa saja yang akan dikeluarkan dalam paket kebijakan tersebut. Tim sedang memfinalkan poin-poinnya. Menurut Darmin, lambannya penyelesaian evaluasi paket kebijakan lebih banyak terkait penandatanganan. Meski begitu, hal ini telah diselesaikan. (Baca: Paket Kebijakan Jokowi Jilid II Dinilai Lebih Fokus).

Dari hasil evaluasi diketahui bahwa paket kebijakan tersendat di tiga kementerian, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Peraturan yang belum dideregulasi sebagian besar dari paket kebijakan tahap pertama. Sedangkan untuk paket keenam sudah diterbitkan semua.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...