Pemerintah Janjikan Harga Murah Minyak untuk Kilang di Mulut Sumur

Yura Syahrul
15 Februari 2016, 15:58
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA - Pemerintah berencana memberikan insentif harga bagi kilang-kilang yang akan dibangun di mulut sumur minyak. Kilang tersebut memperoleh keuntungan berupa pasokan minyak dengan harga lebih murah dibandingkan kilang di lokasi yang lain. Sebab, secara keekonomian dapat memotong biaya distribusi yang harus ditanggung para kontraktor minyak dan gas bumi (migas).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah sedang menggodok aturan mengenai formula harga minyak mentah untuk kilang yang berada di mulut sumur. Dalam pembahasan tersebut, formula harganya memang bakal lebih murah. Berbeda dengan harga pasokan minyak mentah untuk kilang selama ini yang lebih mahal karena dihitung berdasarkan harga di titik serah, yang biasanya di kapal. Meskipun minyak tersebut diambil langsung dari mulut sumur.

Advertisement

“Siapapun yang membeli minyak di mulut sumur akan mendapatkan dispensasi tidak harus bayar transportasi,” katanya kepada Katadata di Nusa Dua, Bali, Jumat pekan lalu (12/2).

Iming-iming pemberian insentif tersebut diharapkan mampu menggairahkan para investor untuk membangun kilang, khususnya di mulut sumur minyak. Wiratmaja mengungkapkan, selama ini sangat sulit mencari investor kilang karena keuntungan yang didapat dari bisnis kilang sangat kecil. Sementara dana yang dikeluarkan untuk investasi kilang besar. Ia menyebut, marjin yang didapat investor kilang biasanya hanya sekitar 1,5 sampai 3 persen.

Karena itu, pemerintah memberikan beberapa insentif dan kemudahan kepada investor yang ingin membangun kilang. Kebijakan memberikan harga lebih murah kepada investor kilang yang berada di mulut sumur tersebut juga tidak akan merugikan negara. Sebab, penerimaan yang didapat oleh negara dari penjualan minyak juga biasanya dihitung setelah dikurangi biaya transportasi.

(Baca: Investor Dijanjikan Untung Besar dari Kilang Tuban)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement