Saingi Go-Jek, Uber Merambah Layanan Ojek Motor

Maria Yuniar Ardhiati
24 Februari 2016, 16:32
Ojek online
Arief Kamaludin|KATADATA
Di Indonesia, layanan ojek online Uber akan bersaing dengan Go-Jek.

KATADATA - Layanan transportasi berbasiskan sepeda motor akan semakin semarak. Setelah sukses mengembangkan aplikasi layanan transportasi taksi di berbagai negara, Uber meluncurkan aplikasi transportasi menggunakan sepeda motor alias ojek di Thailand, Selasa lalu (23/2). Dalam waktu dekat, tidak menutup kemungkinan layanan tersebut juga hadir di Indonesia dan bersaing dengan Go-Jek dan GrabBike. 

Seperti dilansir situs TechinAsia, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini mengusung nama UberMOTO untuk layanan terbarunya tersebut di Kota Bangkok. Layanan ojek itu diharapkan menjadi solusi transportasi masyarakat di tengah kemacetan di ibukota Thailand tersebut. Saban hari, sekitar 1.500 mobil lalu-lalang di jalanan Kota Bangkok. Pengendara mobil membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mencapai tujuan.

Advertisement

"Melalui UberMOTO, dengan bersemangat kami perkenalkan produk transportasi yang murah dan mudah untuk masyarakat Thailand, sekaligus membuka puluhan ribu pekerjaan," kata Head of Asia Expansion Uber Douglas Ma, seperti dikutip Coconut Bangkok, Rabu (24/2).

Uber bermitra dengan Thai Traffic Police serta Head Awareness Club untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berkendara. Semua pengendara dan penumpang motor di Bangkok harus mengenakan helm. Selain helm, fitur keselamatan standar lainnya seperti pelacak GPS, sistem pemberi saran dua arah, serta informasi keterangan perjalanan juga disediakan UberMOTO. Tarif minimum ojek versi Uber ini di Bangkok US$ 0,28 atau sekitar Rp 3.780 (kurs Rp 13.500 per dolar AS).  Lalu, tambahan US$ 0,1 per kilometer dan US$ 0,02 per menit.

(Baca: Kontroversi Taksi Uber di 18 Negara)

Meski diluncurkan pertama kali di Bangkok, manajemen Uber menyatakan, UberMOTO dirancang untuk beroperasi di semua negara-negara pasar berkembang. Artinya, Uber segera membawa fitur barunya ini ke negara-negara tetangga Thailand, seperti Vietnam dan Indonesia. 

(Infografik: Berebut Kue Bisnis Jasa Taksi)

Halaman:
Reporter: Maria Yuniar Ardhiati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement