Di ASEAN, Fokus Pemasaran Investasi ke Malaysia dan Singapura

Yura Syahrul
25 Februari 2016, 12:12
Kepala BKPM Franky Sibarani Dalam Investasi Padat Karya Untuk Penyerapan Tenaga Kerja Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Kepala BKPM Franky Sibarani

KATADATA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan strategi pemasaran investasi khusus untuk negara-negara anggota ASEAN. Hal ini untuk meningkatkan realisasi investasi dari ASEAN yang pada tahun lalu meningkat 15 persen menjadi US$ 9,1 miliar. Sedangkan dari sisi komitmen investasi mencapai US$ 22 miliar atau melonjak 79 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan ada dua negara yang menjadi fokus BKPM dalam menarik investasi langsung, yaitu Malaysia dan Singapura. Kedua negara tersebut dipilih menjadi fokus pemasaran karena proporsinya mencapai 97 persen dari total realisasi investasi negara-negara ASEAN pada tahun lalu.

Secara lebih rinci, Franky menjelaskan, Malaysia menjadi fokus pemasaran investasi ke ASEAN berdasarkan tren peningkatan realisasi dan komitmen negara tersebut. Realisasi investasi Malaysia tahun lalu sebanyak 913 proyek dengan nilai investasi US$ 3 miliar, yang melonjak 73 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian pula dengan nilai komitmen investasi dari Malaysia mencapai US$ 5,5 miliar atau melambung 148 persen.

(Baca: BKPM Targetkan Investasi Tahun Ini Tumbuh 14,4 Persen)

Di sisi lain, Singapura memang telah lama menjadi sumber investasi Indonesia. Untuk itu, kantor perwakilan BKPM di Singapura akan fokus mengawal strategi pemasaran tersebut. “Selain itu, BKPM telah memiliki tim marketing officer yang khusus menangani Malaysia,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Pemasaran Investasi BKPM di Jakarta, Kamis (25/2), seperti dikutip dari siaran pers BKPM.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...