Terkendala Merek Dagang, Solarlite Berubah Jadi DEXlite

Arnold Sirait
4 Maret 2016, 19:10
pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Proses pengisian bahan bakar di salah satu SPBU.

Meski menghadapi kendala merek dagang, PT Pertamina (Persero) tak surut langkah untuk meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini pun sudah menyiapkan nama baru pengganti Solarlite.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan Pertamina nelum meluncurkan Solarlite ke pasar adalah terganjal masalah merek dagang. Ternyata nama Solarlite sudah dipakai lebih dulu untuk sebuah produk atap. Karena itu, Pertamina terpaksa mencari baru untuk mendaftarkan produk tersebut. “Mungkin DEXlite,” ujar dia kepada Katadata, Jumat (4/3).

Advertisement

(Baca: Peluncuran Solarlite Terkendala Merek Dagang)

Pertamina juga masih memfinalisasi spesifikasi dari produk barunya tersebut. Mengenai besaran volumenya, Bambang belum bisa memastikan. Pasalnya, perusahaan pelat merah ini akan melakukan uji pasar terlebih dulu untuk mengetahui volume yang akan dijual. Apabila produk ini mendapat respons positif dari pasar, Pertamina akan menjual sesuai dengan kebutuhan yang diminta masyarakat.

Tidak hanya itu, Pertamina juga belum menentukan harga jual solar jenis baru ini. Yang jelas, harganya di atas harga jual solar bersubsidi namun di bawah harga Pertamina DEX. Sekadar informasi, saat ini harga Solar bersubsidi sebesar Rp 5.650 per liter, sementara harga Pertamina Dex bervariasi. Paling murah harga Pertamina Dex di Batam Rp 8.300 per liter, dan paling mahal di Maluku Rp 10.400 per liter.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement