Menteri Jonan Sepakat Rencana Ahok, Kereta LRT Pakai Rel Standar

Yura Syahrul
24 Maret 2016, 16:41
Proyek LRT
Arief Kamaludin|KATADATA
Groundbreaking Light Rail Transit (LRT) Indonesia di Jakarta.

KATADATA - Kementerian Perhubungan akhirnya sejalan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pemilihan spesifikasi rel untuk proyek pembangunan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) terintegrasi di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Padahal, sebelumnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sempat bersitegang dan beda pandapat dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengenai masalah tersebut.

Jonan menyatakan pihaknya mengikuti standar ketetapan yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggunakan rel standar internasional.

Yakni ruas Bekasi - Jatiwaringin sepanjang 12 kilometer (km) yang memang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan Pemrpov DKI Jakarta bertanggung jawab membangun LRT di dalam Kota Jakarta sepanjang 83 km.

“Jadi karena populasi (Jakarta) lebih banyak, mau 83 kilometer, ya 12 km (pemerintah pusat) ikutlah,” kata Jonan seusai rapat koordinasi pembahasan LRT yang juga diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/3). Dengan begitu, jalur LRT tersebut bisa diintegrasikan dengan LRT di dalam Kota Jakarta. “Tapi yang menyediakan depo segala macam itu DKI Jakarta,” ujarnya.

(Baca: Proyek Kereta Ringan LRT Jabodetabek Terganjal Masalah Lahan)

Basuki atau akrab disapa Ahok menyambut baik kesepakatan tersebut. “Kami setuju, Menteri Perhubungan setuju,” katanya. Ahok sebelumnya memang meminta agar proyek LRT, baik LRT DKI Jakarta maupun pemerintah pusat menggunakan lebar rel standar internasional. Namun Kemenhub selaku regulator memilih menggunakan lebar rel yang lebih sempit, seperti jalur kereta api di Jawa dan Sumatera.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...