Pertumbuhan Sektor Konstruksi Indonesia Timur Tertinggi

Muchamad Nafi
5 April 2016, 12:59
Proses Reklamasi Pantai Kampung Nelayan Palu
Muchamad Nafi | Katadata

Dalam tiga hari ini, Presiden Joko Widodo melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah Indonesia di bagian timur. Misalnya, di Kabupaten Wondama, Papua Barat, Jokowi akan meresmikan Pelabuhan Wasior sebagai bagian dari program tol laut.

Pelabuhan Wasior yang berada di Teluk Wondama dibangun untuk mendukung konektivitas agar memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat setempat. Juga, guna menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah. (Baca: Harga Komoditas Anjlok, Ekonomi Sulawesi Bisa Tumbuh 8 Persen).

Pelabuhan Wasior merupakan sebagian dari beberapa proyek infrastruktur di Timur Indonesia. Selaras dengan itu, pemerintah, juga swasta, gencar mengembangkan sektor konstruksi di sana sejak tahun lalu. Alhasil, Tim Riset Bank Mandiri merekam rata-rata pertumbuhan sektor tersebut secara nasional tertinggi berada di kawasan Timur Indonesia.

Wilayah yang paling mencorong yaitu Sulawesi dan Maluku-Papua. Pertumbuhan sektor konstruksi di daerah tersebut masing-masing 11,7 dan 10,1 persen. “Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Jawa masih menjadi motor penggerak sektor konstruksi nasional karena share sektor konstruksi di pulai ini mencapai  58 persen pada 2015,” demikian Tim Riset tersebut memaparkan analisanya pada Selasa, 5 April 2016.

Mereka memproyeksikan pola yang sama terlihat pada tahun ini yaitu perlambatan pertumbuhan di Jawa dan peningkatan pertumbuhan di Timur Indonesia. Hal ini didukung oleh pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada wilayah di luar Jawa. (Baca juga: Asing Tertarik Bangun Perekonomian di Indonesia Timur).

Pada tahun ini, Tim Riset Mandiri memprediksi 51,1 persen proyek konstruksi berasal dari pembangunan infrastruktur. Untuk pertama kalinya nilai proyek insfatruktur porsinya melebihi pembangunan properti dalam kurun lima tahun terakhir. Hal ini didukung oleh meningkatnya belanja infrastruktur pemerintah yang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 mencapai Rp 313,5 triliun, tumbuh 7,99 persen dibandingkan tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...