PAN Akan Dapat Satu Kursi Menteri Ekonomi

Yura Syahrul
10 April 2016, 08:00
Menteri kabinet
Katadata

Presiden Joko Widodo diperkirakan segera mengumumkan perombakan kabinet (reshuffle) jilid II pada awal pekan nanti. Hajatan ini akan menandai masuknya kader Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam Kabinet Kerja, setelah delapan bulan lalu menyatakan secara resmi mendukung pemerintah.

“PAN masuk, dapat jatah,” kata seorang sumber Katadata di pemerintahan. Salah satu kandidat kuat dari PAN yang akan mendapatkan kursi menteri adalah Didik Junaidi Rachbini. Sumber itu menyatakan, Didik, yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PAN, sudah pernah dipanggil ke istana oleh Presiden beberapa pekan lalu.

Namun, masih belum dipastikan posisi menteri yang akan ditempati Didik. Yang jelas, menurut sumber tersebut, jabatan menteri itu di bidang ekonomi. Saat dikonfirmasi perihal kabar itu, Didik enggan memberikan penjelasan. “Saya sedang shalat, habis shalat meeting,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Jumat sore (8/4).

Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan, kalau memang ada tawaran kursi menteri untuk PAN maka itu sepenuhnya hak Presiden. Namun, dia mengaku tidak tahu mengenai adanya pengajuan nama Didik sebagai calon menteri dari PAN. “Saya tidak tahu karena itu kewenangan Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan),” katanya.

(Baca: Pos Baru untuk Pramono dan Rini di Kabinet Pasca Reshuffle)

Yang jelas, menurut Eddy, secara umum kader PAN tersebut cukup mumpuni. “Apalagi Pak Didik itu merupakan guru besar di bidang ekonomi maka pemahamannya di bidang ekonomi sangat baik.”

Sumber lain menyebutkan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Soetrisno Bachir juga memiliki kans besar untuk menduduki posisi menteri. Apalagi, sejak menjadi Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) pada Januari lalu, Soetrisno makin sering berkomunikasi dengan Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...