Total Buka Peluang Hengkang dari Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
12 April 2016, 17:28
Total
Arief Kamaludin | Katadata

Proses negosiasi pembagian hak kelola (minority interest) Blok Mahakam di antara PT Pertamina (Persero) dengan Total E&P Indonesie dan Inpex Coporation masih terus berjalan. Meski menjamin proses transisi peralihan pengelolaan blok yang akan habis masa kontraknya akhir 2017 itu, manajemen Total membuka peluang hengkang dari Blok Mahakam.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, telah menerima kunjungan manajemen Total E&P International pada Selasa (12/4) ini. Pertemuan itu diungkapkannya saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi Energi (Komisi VII) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa siang. “Total menyampaikan dua pesan,” kata Sudirman.

Pertama, manajemen Total berkomitmen menjamin proses transisi peralihan pengelolaan Blok Mahakam hingga berakhirnya masa kontrak 31 Desember 2017, berjalan dengan lancar sesuai kewajibannya. Seperti, dukungan sumber daya manusia (SDM) dan data akan diberikan secara penuh kepada anak usaha Pertama yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam, selaku pengelola baru blok tersebut per 1 Januari 2018.   

“Bahkan mereka (Total) memberi kemungkinan apabila servis yang diberikan kantor pusat selama ini di Perancis akan tetap diberikan dengan syarat-syarat yang disepakati Pertamina,” kata Sudirman.

(Baca: Jelang Kontrak Habis, Blok Mahakam Tersisa Satu Rig)

Kedua, berkaitan dengan hak pengelolaan minoritas sebesar maksimal 30 persen yang diberikan kepada Total dan Inpex sebagai kontraktor eksisting Blok Mahakam. Menurut Sudirman, manajemen Total mengaku masih mengkaji hal tersebut berdasarkan aspek komersial. Jika dalam kajian tersebut tidak memungkinkan berbagi hak pengelolaan dengan Inpex, maka Total berniat melepaskan haknya mengelola blok itu. “Apabila secara komersial tidak memungkinkan bergabung , mereka (Total) ingin memisahkan kedua hal tersebut,” ujar Sudirman.

(Baca: Banyak Poin Belum Disepakati dalam Negosiasi Saham Blok Mahakam)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...