20 Investor Cina Cari Peluang Bisnis di Indonesia

Miftah Ardhian
13 Juni 2016, 16:10
Aktifitas periijinan investasi BKPM
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktivitas perizinan investasi BKPM di Jakarta, Jumat, (9/10).

Sebanyak 20 orang perwakilan investor yang terdiri dari 16 instansi dan berasal dari Provinsi Jiangsu, Republik Rakyat Cina (RRC), tengah mencari peluang investasi di Indonesia. Investor ini tertarik menanamkan modal cukup besar di sektor industri manufaktur dan infrastruktur.

Para investor ini menggandeng kantor akuntan publik dan konsultan RSM Indonesia untuk mengenali lebih jauh peluang investasi yang menjanjikan di Indonesia. Chairman RSM Indonesia Amir Abadi Jusuf mengatakan, Investor asal Cina ini memiliki ketertarikan yang cukup besar untuk menanam modalnya di Indonesia.

“Mereka bahkan tak segan untuk datang ke RSM Indonesia untuk berdiskusi mengenai Doing Business di Indonesia, sektor-sektor investasi yang prospektif untuk mereka investasikan, dan mempelajari peta industri perbankan nasional,” kata Amir usai berdiskusi dengan 20 delegasi investor Cina di Jakarta, Senin (13/6).

Tingginya animo investor tersebut ntuk datang ke Indonesia sendiri disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya, kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang semakin stabil, semakin terpercaya, dan semakin terbuka juga untuk asing. (Baca: Jepang Berminat Investasi Tol Laut)

Pada dasarnya, iklim investasi di Indonesia sudah cukup baik. Namun, kata Amir, semua investor tentunya akan terus meminta insentif kepada pemerintah terutama terkait perpajakan. Investor Cina ini juga berharap pajak yang diterapkan di Indonesia dapat bersaing dari negara-negara lain, terutama Singapura.

Amir belum bisa menjelaskan kapan dan di sektor apa para pengusaha ini akan menanamkan modalnya. Mereka masih menggali potensi dan perlu proses di internalnya. Kemungkinan keputusan rencana investasi ini pun tidak bisa dilakukan tahun ini, karena prosesnya masih panjang. (Baca: Bertahan dari Serbuan Baja Cina)

Director Division of Foreign Investment Administration, Department of Commerce, Jiangsu Province Yi Honghui menyatakan pihaknya akan terus menggali informasi peluang bisnis di Indonesia sebelum memutuskan untuk investasi. Dia berharap ada kerjasama pemerintah anatara Jiangsu dang Indonesia, agar rencana investasi bisa berjalan mulus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...