Pengusaha Khawatir Pemotongan Anggaran Hambat Arus Logistik

Ameidyo Daud Nasution
14 Juni 2016, 16:51
Bandara udara
Katadata

Pemotongan anggaran Kementerian Perhubungan diprediksi menghambat penyaluran logistik di wilayah Indonesia Timur. Ketua Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita mengatakan urat nadi logistik, terutama di Papua dan Papua Barat, adalah moda transportasi udara.

Alih-alih mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi, Zaldy menyayangkan keputusan pemerintah memangkas anggaran infrastruktur pendukung logistik. “Seharusnya infrastruktur logistik tidak dipotong,” kata Zaldy kepada Katadata. (Baca: Anggaran Kementerian Dipangkas, Pemerintah Hemat Rp 50,6 Triliun).

Dia berharap pemerintah tetap menggelontorkan dana untuk menggeber proyek-proyek infrastruktur. Sebab, bukan hanya efek dari terwujudnya infrastruk yang dibutuhkan, seperti terbentuknya konektivitas daerah. Dalam masa konstruksi, proyek-proyek ini pun dapat menyerap tenaga kerja.

Bahkan kalau bisa pemerintah berutang. Ya, lebih baik berutang,” kata Zaldy.

Kemarin, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memaparkan rencana pemotongan anggaran kementeriannta dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2016. Penghematan yang akan dilakukan mencapai Rp 5,5 triliun yang terdiri dari Rp 3,7 triliun pemotongan anggaran operasional, sedangkan sisanya merupakan Pinjaman Hibah Luar Negeri yang ditahan. (Baca: APBN Dipotong Rp 50 T, Jokowi Mau Pangkas Lagi Dana Kementerian).

Menurut Jonan, beberapa proyek infrastruktur yang ditunda pelaksanaannya berada di wilayah Indonesia Timur. Salah satu contohnya adalah fasilitas bandara penunjang konektivitas seperti pembangunan runway strip di bandara Kaimana (Papua Barat), pelapisan landas pacu di bandara Emalanu (Maluku Utara), serta perpanjangan runway bandara Haliwen (Nusa Tenggara Timur).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...