Tiga Pilihan The Fed Hadapi Resesi

Maria Yuniar Ardhiati
22 Juni 2016, 19:06
Dolar Amerika Serikat
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed), telah melakukan berbagai cara untuk mencegah resesi. Namun jika krisis ekonomi tetap terjadi, The Fed perlu menyiapkan beberapa langkah lain untuk menghadapinya.

“Jika kondisi negatif sampai mengguncang perekonomian, kami tidak bisa berbuat banyak dengan metode yang efektif untuk menghadapinya,” kata Ketua The Fed Janet Yellen kepada kongres Amerika Serikat seperti dilansir CNN pada Selasa, 21 Juni 2016.

Advertisement

Yang pasti, Yellen dan The Fed tidak memperkirakan ada resesi tahun ini. Meski demikian, jika hal itu terjadi beberapa tahun mendatang seperti prediksi para ahli, The Fed harus memikirkan jalan keluarnya. Kondisi ini diakui oleh pejabat atas bank sentral Amerika Serikat. (Baca: Cemaskan Risiko Brexit, Bank Sentral Amerika Tahan Suku Bunga)

“Tidak banyak opsi yang tersisa,” ujar ekonom senior Amerika Serikat dari bank Wells Fargo, Sam Bullard. Ia menilai negaranya kini lebih sulit melakukan manuver dibanding masa lalu, ketika krisis ekonomi terjadi. Berikut ini tiga opsi yang bisa ditempuh The Fed.

1. Memangkas suku bunga.

Menurunkan suku bunga akan membuat nilai mata uang menjadi murah. Dengan demikian, sektor bisnis diharapkan terdorong untuk meminjam uang, merekrut pekerja baru dan melakukan investasi. Terakhir kali The Fed mangambil langkah ini pada 2008. Ketua The Fed ketika itu, Ben Bernanke, memangkas suku bunga hingga nol persen untuk menggairahkan perekonomian meski mengarah kepada resesi.

Namun kebijakan ini tidak terlepas dari masalah. Suku bunga sudah sangat rendah sepanjang catatan sejarah. Sekarang, suku bunga The Fed berkisar 0,25 hingga 0,50 persen. Oleh karena itu, pemangkasan suku bunga tidak akan banyak membantu dan hal ini bertentangan dengan peningkatan suku bunga yang dilakukan The Fed pada Desember lalu.

Persoalan lainnya, banyak bank sentral dunia yang sudah memotong suku bunganya hingga ke level negatif. Mereka pun belum mendapat hasil yang diharapkan. Kemarin Yellen mengatakan The Fed bisa saja menurunkan suku bunga hingga ke level negatif, tapi ia tidak ingin mengambil langkah itu. (Baca: Sejumlah Negara Berkembang Menikmati Kenaikan Mata Uang).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement