Balikpapan Akan Punya Bioskop Bandara Pertama di Indonesia

Maria Yuniar Ardhiati
11 Juli 2016, 11:01
Bioskop
Katadata

Bandara Sepinggan kini tak kalah dengan Bandara Changi di Singapura. PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandar udara di Balikpapan, Kalimantan Timur tersebut, membuka bioskop atau airport cinema sebagai fasilitas tambahan bagi para penumpang pesawat yang tengah berada di bandara.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha mengatakan, bioskop di Bandara Sepinggan itu akan beroperasi mulai Rabu depan (13/7). "Bioskop ini kapasitasnya 15 orang," katanya kepada Katadata, Minggu (10/7). (Ekonografik: Soekarno Hatta Siap Saingi Changi dan KLIA)

Ia menjelaskan, airport cinema perdana di Indonesia ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 7 pagi selama empat babak hingga 9 malam. Biaya yang dikeluarkan Angkasa Pura I sekitar Rp 250 juta, termasuk pengadaan proyektor dengan resolusi tinggi, sistem suara sekelas sinema, serta interior termasuk sofa berstandar bioskop premier atau satin.

Untuk dapat menikmati fasilitas baru di bandara ini, penumpang yang telah memasuki ruang tunggu diminta menunjukkan boarding pass. Angkasa Pura I memilih Bandara Sepinggan Balikpapan untuk membangun airport cinema pertama karena bandara ini dinilai memiliki taraf internasional. "Sehingga fasilitas pun diharapkan tidak kalah," kata Farid.

Ke depan, dia berharap, bandara-bandara lain yang dikelola Angkasa Pura I dapat mengikuti fasilitas Bandara Sepinggan, sesuai dengan kondisi masing-masing. (Ekonografik: Changi dan Soekarno Hatta Dua Bandara Terpadat)

Saat ini, Angkasa Pura I mengelola 13 bandara di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Yaitu Bandara Ngurah Rai - Denpasar, Bandara Juanda - Surabaya, Bandara Hasanuddin - Makassar, Bandara Sepinggan - Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo - Biak, dan Bandara Sam Ratulangi - Manado. Selain itu, Bandara Syamsudin Noor - Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani - Semarang, Bandara Adisutjipto - Yogyakarta, Bandara Adisumarmo - Surakarta, Bandara Internasional Lombok - Lombok Tengah, Bandara Pattimura - Ambon, serta Bandara El Tari - Kupang. (Baca: Angkasa Pura II Klaim Terminal 3 Soekarno Hatta Siap Beroperasi)

Selain Changi, bandara internasional lain yang sudah menyediakan airport cinema adalah bandara di Hong Kong. Di sana, bioskop bandara yang dinamakan UA IMAX Theater @Airport ini memiliki layar besar IMAX dan mampu menampung 350 orang. Situs resmi bandara di Hong Kong menyebut airport cinema miliknya dilengkapi fitur gambar dengan kejernihan setingkat kristal dan sistem suara digital yang saling terhubung dengan laser. Di bioskop ini, para penonton bisa menikmati film 2D maupun 3D.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...