Reshuffle Mendekat, Siswono Kandidat Kuat Wakil Golkar di Kabinet

Maria Yuniar Ardhiati
Oleh Maria Yuniar Ardhiati - Yura Syahrul
11 Juli 2016, 17:17
Pelantikan Kabinet Kerja
setkab.go.id
Para menteri Kabinet Kerja

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan segera merombak (reshuffle) kembali kabinet dalam waktu dekat ini. Perombakan yang menyasar beberapa pos menteri itu menjadi pintu masuk wakil Partai Golkar, sebagai partai pendukung ternyar pemerintah, ke dalam kabinet.

Salah satu kandidat kuat perwakilan Golkar yang hampir dipastikan masuk ke kabinet adalah Siswono Yudo Husodo. “Siswono masuk kabinet,” kata sumber Katadata di pemerintahan, Senin (11/7).

Advertisement

Sumber yang lain menyatakan, politisi senior Partai Golkar yang pernah menjadi Menteri Transmigrasi dan Menteri Negara Perumahan Rakyat pada masa Presiden Soeharto ini, juga telah bertemu dengan Jokowi belum lama ini. Posisi yang akan ditempati Siswono kemungkinan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, yang saat ini diduduki oleh Rizal Ramli. “Itu kalau Rizal diganti atau digeser ke Menko Perekonomian,” kata sumber tersebut.

Hingga berita ini ditulis, Katadata belum memperoleh konfirmasi dari Siswono. Pesan yang dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp tidak dibalas oleh bekas calon wakil presiden pada Pemilu 2004 tersebut.

(Baca: Jokowi Berpeluang Reshuffle Kabinet Sebelum Lebaran)

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto juga tidak merespons panggilan telepon dan pesan singkat. Namun, dalam wawancara khusus dengan majalah Tempo bulan Juni lalu, Setya mengakui Siswono merupakan salah satu kader Golkar yang layak menempati kursi menteri. Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Agung Laksono juga pernah menyebutkan sejumlah nama kader senior Golkar yang mumpuni dan bisa membantu Presiden di kabinet. Antara lain Siswono, Theo Sambuaga, Cicip Soetardjo, dan Fadel Muhammad.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement