Bappenas Akan Tinjau Ulang Rencana Program Pembangunan 2019

Ameidyo Daud Nasution
28 Juli 2016, 20:55
bappenas
KATADATA
bappenas

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan meninjau ulang beberapa program yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Program-program tersebut akan disesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan perumusan program-program tersebut sudah lama dilakukan. Ada kemungkinan program-program ini kurang menggambarkan kondisi yang ada sebenarnya. Perlu ada peninjuan ulang agar program-program tersebut lebih realistis

Bappenas akan melakukan kajian mendalam untuk melihat sejauh mana efektifitas program tersebut terhadap target dan sasaran yang ingin dicapai pemerintah. Sasarannya adalah memberantas kemiskinan, mengurangi ketimpangan, serta pengurangan angka pengangguran.

"Kami ingin tahu seberapa jauh dia (program-program tersebut) mampu sasar target pemerintah," kata Bambang usai Serah Terima Jabatan Kepala Bappenas di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (28/7). (Baca: Menteri Sri Mulyani Fokus Kelola APBN untuk Stimulus Ekonomi)

Selain kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran, Bappenas juga ingin program-program tersebut bisa memacu pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Sehingga bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dia menjelaskan untuk mencapai mengurangi angka pengangguran tidak perlu dengan mengeluarkan dana melalui program-program secara langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan iklim usaha yang baik. Sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya di dalam negeri dan membuka banyak lapangan kerja baru.

Berbeda dengan target pengentasan kemiskinan dan pengurangan ketimpangan yang membutuhkan peran anggaran dan program secara langsung. “Ini yang benar-benar harus diinvensi secara agresif oleh pemerintah,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...