Sinyal Amien Dicopot, Arcandra Gelar Rapat Komisi Pengawas SKK Migas

Anggita Rezki Amelia
12 Agustus 2016, 16:29
Menteri ESDM Arcandra
Arief Kamaludin | Katadata

Sinyal pergantian Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi semakin menguat. Indikasi terbaru adalah pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/8) sore.

Presiden memanggil Arcandra setelah tiba di Jakarta dari kunjungan kerjanya ke Bali. Berdasarkan pantauan Katadata, Arcandra meninggalkan kantor Kementerian ESDM sekitar pukul 13.00 WIB namun tiba di Istana sekitar pukul 15.00 WIB. Kemudian, Arcandra kembali ke Kementerian ESDM sekitar 18.30 WIB. (Baca: Widjonarko, Mantan Bos SKK Migas “Merapat” ke Menteri Arcandra)

Advertisement

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, pertemuan di luar agenda resmi Presiden itu berlangsung tertutup. Meski tidak diketahui pasti isi pertemuan tersebut, semakin memperkuat spekulasi rencana pergantian Kepala SKK Migas. "Infonya Kepala SKK Migas segera diganti," kata sumber Katadata di pemerintahan menanggapi pertemuan Presiden dengan Arcandra tersebut.

Sebelum bertemu Presiden, Arcandra memanggil para pejabat SKK Migas termasuk Amien Sunaryadi ke kantor Kementerian ESDM, Kamis pagi. Namun, Amien mengaku pertemuan itu hanya ajang perkenalan pimpinan SKK Migas dengan Arcandra. "Tidak membahas pergantian," katanya.

Terkait pertemuan dengan Presiden di Istana tersbeut, Arcandra tidak membantah maupun membenarkan pembahasannya terkait pergantian Kepala SKK Migas. “Nah ini, teman-teman yang lebih tahu bagaimana itu,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/8).

Saat didesak lebih lanjut perihal kepastian pergantian bos SKK Migas, Arcandra malah menyatakan akan secepatnya mengadakan rapat dengan Komisi Pengawas SKK Migas. Tapi, dia menyatakan rapat itu bukan untuk membahas pergantian Kepala SKK Migas. “Tidak. Bahas macam-macam isu strategis yang pasti,” kata dia. (Baca: Arcandra Enggan Komentari Kabar Pergantian Kepala SKK Migas)  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement