Target Angka Kemiskinan 2017 Lebih Rendah dari Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
16 Agustus 2016, 19:06
Kemiskinan
Arief Kamaludin|KATADATA
Kemiskinan KATADATA | Arief Kamaludin

Pemerintah terlihat lebih realistis dalam menyusun target-target dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Selain target penerimaan negara yang lebih rendah dibandingkan tahun ini, angka kemiskinan dan pengangguran juga ditargetkan lebih rendah.

Meski telah memiliki seperangkat program kesejahteraan rakyat, pemerintah hanya menargetkan angka kemiskinan tahun depan di kisaran 9,5 – 10,5 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan target dalam APBN Perubahan tahun ini, yakni 9 – 10 persen.

Sementara target angka pengangguran terbuka tahun depan ditargetkan sekitar 5,1 – 5,4 persen. Hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan target tahun ini 5,2 – 5,5 persen. (Baca: Dua Resep Sri Mulyani Menghadapi Badai Ekonomi)

Dengan memasang target ini, kelihatannya pemerintah memang lebih pesimistis tahun ini. Namun, sesuai Menteri Keuangan Sri Mulyani dan disetujui oleh Jokowi, bahwa penyusunan APBN 2017 lebih realistis dan kredibel. Sehingga bisa lebih dipercaya oleh pasar.

Perhitungan target tahun depan mengacu pada perkiraan realisasi kemiskinan tahun ini yang di kisaran 10 – 10,6 persen. Sementara angka pengangguran terbuka tahun ini diperkirakan berada pada kisaran 5,4 – 5,7 persen.

Si Miskin Kian Merana
Si Miskin Kian Merana (Katadata)

Saat menyampaikan pidato Nota Keuangan 2017, Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan basis perencanaan anggaran bagi program pengentasan kemiskinan sejak tahun ini. Dimulai dari penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

Basis perencanaan yang dimaksud Jokowi adalah program penghematan pada belanja operasional dan belanja barang untuk dialokasikan pada kegiatan prioritas. Hal ini akan memberikan stimulus bagi kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Meski ditengah kondisi perekonomian yang cukup sulit dan penerimaan yang masih rendah.

(Baca: Genjot Infrastruktur, DPR Soroti Minimnya Anggaran Pendidikan 2017)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...