Pastikan Menteri ESDM dari Profesional, Jokowi Sebut Arcandra

Safrezi Fitra
14 Oktober 2016, 09:55
Jokowi
Intan | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengantongi beberapa nama sebagai kandidat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dia menyatakan akan segera mengumumkan nama Menteri ESDM yang saat ini masih dijabat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelaksana Tugas (Plt), sejak 16 Agustus lalu.

"Sudah ada beberapa nama termasuk pak Arcandra, tapi belum kami putuskan,” kata Jokowi dalam keterangan resminya tadi malam (13/10). (Baca: Peluang Arcandra Jabat Menteri ESDM Kembali Menguat)

Advertisement

Dalam keterangannya disebutkan bahwa menjalankan tugas sebagai Menteri ESDM bukanlah perkara yang mudah. Apalagi sektor yang dinaunginya merupakan salah satu penentu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Makanya Jokowi harus memikirkan betul-betul dan berhati-hati sebelum memutuskan siapa yang akan memimpin kementerian ini.

Meski menyatakan sudah memegang daftar namanya, Jokowi pun belum mau menyebutkan secara pasti kapan dia akan memutuskan, mengumumkan dan melantik Menteri ESDM yang baru ini. Dia hanya mengatakan hal ini akan dilakukan segera dan secepatnya.

Dia mengatakan orang yang akan terpilih sebagai Menteri ESDM berasal dari kalangan professional. Bukan orang titipan dari partai pendukungnya. "Saya pastikan profesional, bukan dari partai," 

Masih ada kemungkinan Arcandra bisa kembali terpilih sebagai menteri. Selain barasal dari kalangan professional, nama Arcandra juga kembali disebut menjadi salah satu kandidat yang akan dipilih Jokowi.  (Baca: Wapres JK Nilai Arcandra Berpeluang Jabat Lagi Menteri ESDM)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement