Rembuk Nasional Minta Jokowi Dorong Industri ke Luar Jawa

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2016, 11:15
Kawasan Industri
Arief Kamaluddin | Katadata
Kawasan industri

Kelompok masyarakat lintas profesi meminta Presiden Joko Widodo dan pemerintah untuk mendorong pengembangan industri ke luar Pulau Jawa dan Bali. Selain itu, mengharapkan penyederhanaan perizinan untuk memacu perindustrian.

Permintaan dan harapan tersebut dituangkan dalam sembilan rekomendasi di bidang ekonomi, yang merupakan hasil acara Rembuk Nasional 2016. Acara yang digelar di jakarta, Senin (24/10) kemarin, ini memang bertujuan menghimpun pendapat dan masukan dari berbagai kalangan masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah seiring dengan peringatan dua tahun pemerintahan Jokowi.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Hendri Saparini mengatakan, ada 63 rekomendasi dari berbagai unsur masyarakat tersebut. Sebanyak 63 rekomendasi itu terbagi rata di dalam tujuh bidang atau ruang rembuk. Di bidang ekonomi, Rembuk Nasional membuahkan sembilan rekomendasi. 

(Baca: Pengusaha Keluhkan Masih Ada Masalah Koordinasi di Birokrasi)

Menurut Hendri, yang juga Ketua Ruang Rembuk I (Ekonomi, Bisnis dan Keuangan), sembilan rekomendasi itu sesuai dengan tema rembuk bidang ekonomi, yaitu reindustrialisasi. Salah satu titik beratnya adalah merekomendasikan perluasan industri keluar Jawa dan Bali. Selain itu, pemilihan industri prioritas untuk dikembangkan pemerintah.

"Kami mendiskusikan upaya mempercepat reindustrialisasi di Indonesia, ada beberapa fokusnya," kata Hendri dalam konferensi pers usai acara tersebut, Senin (24/10) malam. Pertama, memilih industri nasional yang strategis. Kedua, penyederhanaan perizinan. Ketiga, harmonisasi tarif sehingga industri di dalam negeri memiliki daya saing.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...