Pertamina dan Rosneft Setor US$ 400 juta untuk Kilang Tuban

Anggita Rezki Amelia
31 Oktober 2016, 10:08
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) dan Rosneft akhirnya menyetorkan dana masing-masing sebesar US$ 200 juta untuk pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Timur. Ini merupakan tindak lanjut dari Joint Venture Agreement (JVA) atau kesepakatan pembentukan perusahaan patungan dan keseriusan kedua belah pihak membangun kilang tersebut.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Rachmad Hardadi mengatakan JVA tersebut telah ditandatangani kedua perusahaan pada 5 Oktober lalu. Pertamina dan Rosneft menyatakan akan terus bekerja cepat untuk merealisasikan megaproyek Kilang Tuban. (Baca: Pasokan Minyak Kilang Tuban Tak Hanya dari Rosneft)

Rachmad menceritakan untuk mencapai kesepakatan tersebut, Pertamina harus bernegosiasi dengan Rosneft ini selama 28 jam tanpa henti. “Pertamina dan Rosneft yang berkomitmen tinggi untuk tidak menunda-nunda pelaksanaan setiap tahapan proyek sehingga kesepakatan pun dapat ditandatangani,” ujarnya dalam keterangan resmi Pertamina, kemarin.

Jaminan dana yang disetor masing-masing perusahaan ini sebagai batu pijakan penting atas kerjasama kedua perusahaan membangun Kilang Tuban. Bahkan, Rosneft juga telah sepakat memberikan opsi kepada Pertamina untuk mengelola lapangan minyak dan gas bumi (migas) di Rusia.

Perusahaan migas asal Rusia ini menawarkan lapangan dengan tingkat produksi tidak kurang dari 30 ribu barel setara minyak dan dengan cadangan tidak kurang dari 200 juta barel setara minyak. “Kesepakatan ini penting bagi Pertamina dan ketahanan energi nasional yang sangat membutuhkan tambahan produksi migas untuk memenuhi kebutuhan energi yang semakin meningkat,” kata Rachmad.

(Baca: Pertamina Targetkan Punya Hak Kelola Blok Migas di Rusia Tahun Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...