Ditjen Pajak Prediksi Tebusan Tax Amnesty Periode II Lebih Kecil

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2016, 19:01
Tax Amnesty
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktorat Jenderal Pajak menyadari perolehan uang tebusan dari program pengampunan pajak (tax amnesty) pada periode II ini sedikit. Nilainya kemungkinan lebih rendah dibandingkan periode I . Meski begitu, Ditjen Pajak yakin periode II dapat menjaring lebih banyak wajib pajak ikut program ini.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama membandingkan dalam satu setengah bulan pada periode I, perolehan uang tebusan sudah mencapai Rp 2 triliun. Sementara sejak awal Oktober hingga pertengahan November sekarang perolehannya baru mencapai Rp 1 triliun.

“Mungkin seperti itu (tebusan lebih kecil),” kata Yoga usai Kickoff Sosialisasi Amnesti Pajak di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (14/11).

Jika dilihat dari nilai uang tebusan, periode II memang terlihat lebih kecil. Namun, Yoga memastikan pada periode ini, program tax amnesty mampu menjaring lebih banyak wajib pajak dibandingkan periode sebelumnya.

(Baca: BI Waspadai Repatriasi Dana Tax Amnesty Rp 100 Triliun Akhir Tahun)

Dia mengungkapkan dalam dua bulan pertama pada periode I, tercatat ada 15 ribu wajib pajak yang mengikuti tax amnesty. Sementara sejak awal Oktober hingga 10 November kemarin, total wajib pajak yang program ini sudah mencapai 55 ribu wajib pajak.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...