Direstui Pemerintah, Chappy Hakim Jadi Bos Freeport Indonesia

Arnold Sirait
21 November 2016, 08:00
Freeport Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Setelah kosong selama 10 bulan, PT Freeport Indonesia kembali memiliki pemimpin definitif. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Chappy Hakim ditunjuk menjadi Presiden Direktur Freeport, menempati posisi yang ditinggalkan Maroef Sjamsoeddin.

“Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia,” kata Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama kepada Katadata, Minggu (20/11). Ia mengatakan, penunjukan tersebut dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia. Saat ini, penunjukan Chappy dalam proses memperoleh persetujuan dari pemegang saham.

(Baca: Jonan Mulai Bahas Masalah Perpanjangan Kontrak Freeport)

Sebelumnya, Chappy telah menjadi penasihat senior Freeport Indonesia sejak Agustus 2016. Setelah merampungkan karier di kemiliteran dengan pangkat Marsekal dan jabatan Kepala Staf Angkatan Udara dengan pangkat Marsekal, dia pernah menjabat Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi. Selain itu, angggota staf ahli di Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan penasihat di Asosiasi Aircraft.

Latar belakang pendidikan Chappy adalah lulusan Akabri Udara tahun 1971. Selain itu, dia pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara, Sekolah Staf dan Komando Gabungan serta lembaga ketahanan nasional. Ia juga aktif menulis. Hingga kini, karyanya berupa 15 buku utama tentang penerbangan dan pertahanan.

(Baca: Freeport Minta Kepastian Kontrak, Pembangunan Smelter Molor)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...