Emtek Bangkitkan BBM di Indonesia Jadi Toko Layanan Online

Maria Yuniar Ardhiati
25 November 2016, 14:39
blackberry
Agung Samosir|KATADATA

BlackBerry memang sudah kalah bersaing dengan ponsel pintar lainnya. Namun, aplikasi percakapannya,  BlackBerry Messenger (BBM), masih banyak digunakan di Indonesia dan tidak kalah pamor dengan aplikasi sejenis seperti WhatsApp. Kini, BBM di Indonesia mencoba menjelma jadi toko layanan online dan e-commerce.

Berdasarkan laporan dari Tech in Asia Indonesia pada Kamis (24/11), BBM merupakan salah satu aplikasi percakapan paling terkenal di Indonesia bersama dengan WhatsApp, Line, serta Telegram. Saat ini, BBM memiliki lebih dari 63 juta pengguna aktif setiap bulan. Tercatat ada 16,7 juta pesan dikirim setiap hari melalui aplikasi tersebut. Rentang usia mayoritas penggunanya 18-24 tahun.

BBM melakukan pembenahan antara lain dengan memasukkan fitur e-commerce, hiburan, dan layanan konsumen, dengan tetap menjaga identitasnya sebagai suatu aplikasi obrolan (chatting). Aplikasi tersebut kini mengadopsi model aplikasi-dalam-aplikasi (app-within-app). (Baca: BlackBerry Gandeng Emtek untuk Konten Digital Ekslusif)

Model aplikasi-dalam-aplikasi ini menggambarkan keinginan BBM untuk menghadirkan akses lengkap bagi pengguna untuk aplikasi e-commerce dan hiburan. Meski demikian, BBM masih mempertahankan aplikasi obrolannya sebagai metode utama untuk berkomunikasi, baik antarindividu maupun untuk layanan pelanggan.

BBM tidak hanya akan menjadi one-stop shop untuk e-commerce dan hiburan. Aplikasi obrolan tersebut juga mengembangkan sayapnya ke layanan pelanggan. Selain memasukkan fitur-fitur dari perusahaan rintisan (startup) besutan Emtek, BBM juga akan memfasilitasi sejumlah transaksi, antara lain pembayaran listrik, kartu kredit, hingga iuran BPJS.

BBM bekerjasama dengan Sepulsa untuk layanan transaksi ini, meski para pengguna hanya bisa bertransaksi melalui kartu kredit atau transfer perbankan saat ini. Namun, sebagai catatan, layanan transfer perbankan ini hanya tersedia selama jam kerja. Ini persoalan yang masih harus dicarikan jalan keluarnya.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...