Garap 3 Proyek Besar Tahun Depan, Medco Sedia Rp 46 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2016, 13:35
Medco Energi
Arief Kamaluddin | Katadata
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk membutuhkan dana sekitar US$ 3,4 miliar atau setara Rp 46 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar Amerika Serikat) untuk pengembangan usahanya tahun depan. Pengembangan usaha itu meliputi tiga proyek besar di bidang minyak dan gas bumi, pertambangan, dan pembangkit listrik.

Ketiga proyek tersebut adalah Blok A di Aceh, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Sumatera Utara dan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) PT Amman Nusa Tenggara (sebelumnya bernama PT Newmont Nusa Tenggara).

Presiden Direktur Medco Hilmi Panigoro merinci, kebutuhan dana untuk proyek Blok A sebesar US$ 600 juta sedangkan untuk PLTP Sarulla US$ 1,6 miliar. Adapun dana yang disiapkan untuk membangun smelter sekitar US$ 800 juta sampai US$ 1,2 miliar. “Itu yang sedang atau akan kami bangun (tahun depan),” kata Hilmi di Jakarta, Kamis (24/11).

(Baca: Terbitkan Saham Baru, Medco Rampungkan Akuisisi Newmont Bulan Ini)

Pembangunan fasilitas produksi Blok A saat ini sudah mencapai 30 persen. Targetnya, gas dari blok tersebut sudah mengalir pada kuartal I 2018. Blok ini bisa memproduksi gas sebesar 110 juta kaki kubik per hari. Medco menggandeng Japan Petroleum Exploration (JAPEX) Co Ltd serta KrisEnergy Ltd untuk menggarap blok ini.

Adapun proyek PLTP Sarulla fase kedua akan dikerjakan mulai tahun depan menyusul fase pertama. Fase pertama diharapkan mulai beroperasi akhir tahun ini. Dalam proyek ini, Medco bermitra dengan Itochu Corporation, Ormat Technologies, serta Kyushu Electric Power Co.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...