Perusahaan Patungan Kilang Cilacap Pertamina-Aramco Tertunda

Anggita Rezki Amelia
1 Desember 2016, 12:00
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco belum mencapai kesepakatan pembentukan perusahaan patungan atau joint venture untuk menggarap proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau pengembangan Kilang Cilacap di Jawa Tengah. Masa studi desain kilang minyak tersebut juga diperpanjang hingga akhir tahun ini.

Vice President Strategic Planning, Business Development, and Operation Risk Direktorat Pengolahan Pertamina Achmad Fathoni Mahmud  mengatakan, Saudi Aramco pada dasarnya masih ingin melanjutkan kerjasama pembangunan Kilang Cilacap. Namun, saat ini proses pembangunan desain dasar atau Basic Engineering Design (BED) yang dilakukan di Inggris belum rampung, karena membutuhkan kajian studi bersama seperti perhitungan teknis dan komersial.

Advertisement

(Baca: Kilang Cilacap Meledak, Pertamina Pastikan Tak Ganggu Operasi)

Padahal, Saudi Aramco sudah menandatangani nota perjanjian atau Head of Agreement (HoA) dengan Pertamina terkait proyek pengembangan Kilang Cilacap pada 26 November tahun lalu. Dalam perjanjian itu, kedua perusahaan akan melaksanakan persiapan lokasi proyek (site preparation) dan desain awal atau Basic Engineering Design (BED) Kilang Cilacap dalam jangka setahun.

Lantaran BED belum rampung, masa Head of Agreement (HoA) yang sudah berakhir 26 November tahun ini terpaksa diperpanjang selama sebulan ke depan, yakni hingga 26 Desember 2016. Tujuannya agar kegiatan studi desain awal proyek Cilacap tetap memiliki legalitas.

"Secara pembicaraan tingkat tinggi, (Saudi Aramco) masih ada keinginan untuk terus di (Kilang) Cilacap," kata Achmad di Jakarta, Rabu (30/11). (Baca: Saudi Aramco Minta Pengurangan Kepemilikan di Kilang Cilacap)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement