Mengubah Ekonomi, Pendiri Go-Jek Jadi Tokoh Asia 2016

Yura Syahrul
7 Desember 2016, 07:58
Nadiem Makarim
Arief Kamaludin|KATADATA
CEO Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim, saat acara Indonesia Summit 2016 di Jakarta, 24 Februari 2016.

Nadiem Makarim, Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek Indonesia meraih penghargaan “Asian of The Year”. Sebagai penyedia jasa transportasi berbasiskan aplikasi online yang menjelma menjadi on-demand mobile platform, Go-Jek dinilai berhasil memanfaatkan teknologi untuk membantu masyarakat Indonesia.

Penghargaan tahunan ini diberikan oleh media terkemuka asal Singapura, The Strait Times, kepada individu atau kelompok individu yang berkontribusi secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negaranya atau di kawasan Asia. Sejumlah nama besar pernah menerima “Asian of the Year”. Pada 2012, tahun pertama kalinya penghargaan ini diberikan kepada Presiden Myanmar Thein Sein.

Setahun berselang, penghargaan diberikan kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Cina Xi Jinping. Sedangkan pada 2014 diraih oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Pendiri Singapura Lee Kuan Yew pada tahun lalu. (Baca: Pengangguran Turun 530 Ribu Berkat Ojek Online dan Ibu Rumah Tangga)

Yang menarik, pada tahun ini, penghargaan tersebut tidak diberikan kepada pemimpin negara melainkan untuk tujuh orang yang disebut “The Disruptors”. Mereka dipilih karena berhasil memanfaatkan teknologi untuk membantu jutaan orang di Asia sehingga mengubah model bisnis tradisional menjadi model bisnis baru yang menguntungkan masyarakat. Warren Fernandez, Ketua Komite Seleksi, menyatakan tahun 2016 adalah tahun yang mengejutkan.

Kejutan ini didorong oleh perubahan besar yang terjadi di bidang teknologi dan ekonomi yang mengubah setiap sektor di perekonomian dan masyarakat di Asia. “Bagaimana orang, pemerintah dan pelaku bisnis merespons perubahan ini akan membawa dampak politik besar dan pemilihan umum dalam tahun-tahun mendatang,” kata Fernandez, seperti dilansir The Strait Times, Senin (5/12),

Selain Nadiem, penghargaan tersebut juga diberikan kepada enam pendiri perusahaan rintisan (start-up) sekaligus pemimpin bisnis di India, Cina, Malaysia dan Singapura. Mereka adalah Anthony Tan dan Tan Hooi Ling yang merupakan pendiri Grab, Tan Min-Liang (Razer), Pony Ma (Tencent), dan duo Sachin Bansal-Binny Bansal (Flipkart).

(Baca: Go-jek Perluas Layanan, Nadiem: Tarif Murah Hanya Langkah Awal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...