Jonan: Freeport Harus Bangun Smelter

Ameidyo Daud Nasution
9 Desember 2016, 11:48
tambang freeport
www.npr.org
tambang freeport

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta PT Freeport Indonesia melaksanakan komitmennya untuk membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian hasil tambangnya di dalam negeri. Pembangunan smelter merupakan syarat yang harus dipenuhi jika perusahaan Amerika Serikat ini masih ingin mengekspor mineral mentahnya.

"Semestinya memang dia (Freeport Indonesia) bangun smelter," kata Jonan usai rapat koordinasi bidang mineral dan batubara di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/12).

(Baca: DPR Desak Pemerintah Tegas Melarang Freeport Ekspor Awal 2017)

Jonan memang sempat menagih komitmen Freeport Indonesia membangun smelter dan divestasi sahamnya. Hal ini diungkapkannya saat bertemu dengan Presiden Direktur Freeport Indonesia yang baru, Chappy Hakim, beberapa waktu lalu. Bahkan dia mengaku tidak akan memberikan dispensasi khusus kepada Freeport.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Chappy Hakim menyatakan pihaknya masih berharap mendapat izin perpanjangan ekspor mineral mentah. Dia pun mengaku Freeport masih berkomitmen untuk membangun smelter.

(Baca: Bangun Smelter, Freeport Minta Jaminan Perpanjangan Kontrak)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...