Ke India, Jokowi Tawarkan Investasi dan Diversifikasi Perdagangan

Safrezi Fitra
13 Desember 2016, 12:06
Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi menyaksikan penandatanganan tiga nota kesepahaman kerja sama Indonesia-India di Hyderabad House, New Delhi, India, Senin, (12/12)

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke India.Peningkatan kerja sama ekonomi, terutama diversifikasi perdagangan antara Indonesia dengan India menjadi isu utama pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Narendra Modi di Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12).

"Indonesia berharap untuk meningkatkan perdagangan, Indonesia juga berharap untuk membuat variasi produk ekspornya ke India," kata Jokowi, dalam keterangannya.

Saat ini produk ekspor dari Indonesia ke India didominasi oleh minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan batu bara. Ke depan, diharapkan komoditas produk ekspor dari Indonesia ke India makin beragam.

Selain isu tersebut, Presiden Jokowi juga mengatakan kedua negara terus berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang investasi. "Indonesia mengundang India untuk meningkatkan kerja sama investasi di bidang farmasi, teknologi informasi, dan otomotif," ujarnya.

(Baca: Jokowi Bidik Investasi untuk Substitusi Impor dan Pariwisata)

Dalam bidang people to people contact, Jokowi mengatakan transportasi memegang unsur penting dalam meningkatkan hubungan antar masyarakat kedua negara. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengumumkan pembukaan penerbangan langsung dari Jakarta ke Mumbai oleh maskapai nasional Garuda Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...