Melawat ke Jepang, Luhut Tawarkan Enam Proyek

Anggita Rezki Amelia
16 Desember 2016, 19:26
Jokowi
Laily | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan melakukan kunjungan ke Jepang. Dalam lawatan tersebut, pemerintah berencana menawarkan enam proyek kerjasama.

Pertama, proyek pembangunan Pelabuhan Sabang di Provinsi Aceh. Kedua, proyek Pelabuhan Patimban. Proyek ini akan didanai melalui skema pinjaman lunak dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Pada tahap pertama, dana yang akan dikucurkan sekitar US$ 1,7 miliar dengan tenor 20 sampai 30 tahun, Sedangkan bunga pinjamannya nol persen.

(Baca: Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi 2019)

Ketiga, proyk di sektor pariwisata yakni pengembangan Pulau Moratai di Kepulauan Maluku. Pemerintah memang berencana menjadikan Moratai  sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Salah satu caranya adalah pembangunan aksesibilitas penyediaan sarana dan prasaranan di darat, laut dan udara.

Keempat, proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya. Proyek ini sebenarnya bukan hanya ditawarkan kepada Jepang. Saat ini, menurut Luhut, ada beberapa negara yang tertarik menggarap proyek pelabuhan tersebut, seperti Kanada dan Perancis. "Prosesnya beauty contest," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (16/12).

(Baca: Pemerintah Kaji Swasta Danai Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...