Ruas Tol Samarinda-Balikpapan Ditambah Hingga ke Bontang

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2016, 10:09
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah akan menambah ruas tol Balikpapan–Samarinda hingga ke Bontang pada tahun 2018 mendatang. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna  mengatakan saat ini pihaknya sedang membuat konsep dan kebutuhan tol tersebut.

Penambahan ruas tol ini akan dikerjakan konstruksinya sebelum proyek tol Samarinda-Balikpapan rampung. “Panjang tambahannya sekitar 95 kilometer,” kata Herry di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (22/12). 

(Baca: 2017, Kementerian PUPR Targetkan Bangun 796 Kilometer Jalan Baru)

Dia menjelaskan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang sedang menggarap tol Balikpapan-Samarinda saat ini yang akan membangun penambahan rute tersebut. Perusahaan patungan ini terdiri dari beberapa Badan Usaha Milik Negara dan swasta, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Bangun Tjipta Sarana, PT PP (Persero) Tbk., serta PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Menurutnya sifat proyek ini yang merupakan perpanjangan dari rute Balikpapan Samarinda. Makanya BUJT bisa menggarap pembangunan fisiknya tanpa melewati proses lelang. Untuk memperkuatnya, akan ada surat perintah dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bagi BUJT ini untuk menggarap proyek tersebut.

“Jadi memang dimungkinkan apabila sifatnya (rute) lanjutan atau dia (badan usaha) sudah membebaskan lahan,”katanya. (Baca: Dua Tahun, Proyek Tol yang Rampung Baru 17 Persen dari Target)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...