Perumnas Targetkan Pembangunan 30 Ribu Rumah Tahun Depan

Miftah Ardhian
29 Desember 2016, 17:19
Perumahan
Agung Samosir|KATADATA
Maket perumahan dalam pameran perumahan

Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menargetkan pembangunan 30 ribu unit rumah tahun depan. Hal ini dilakukan untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Masalahnya, rencana ini masih terhambat pengadaan lahan. "Kalau di Perumnas itu kita ada problem di lahan. Lahan kan kita harus bebasin," kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Kamis (29/12).

Advertisement

Bambang menjelaskan, Perumnas setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 triliun hanya untuk melakukan pengerjaan konstruksi untuk merealisasikan target tersebut. Karenanya, Perumnas akan menggandeng beberapa pihak untuk membantu pendanaannya. Di antaranya dari pinjaman perbankan, KPR internal, dan dari BPJS Ketenagakerjaan.

(Baca juga: BTN Beri Kemudahan KPR untuk 6 BUMN dan Peserta BPJS)

Namun, agar arus keuangan yang keluar tidak terlalu besar, Bambang menjelaskan, Perumnas juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai BUMN seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero), PTP Medan, dan Semen Indonesia untuk menyediakan lahan. "Jadi lahannya nanti dari mereka," ujar Bambang. 

Sebelumnya, PT KAI telah bekerja sama dengan Perumnas untuk membangun hunian vertikal di areal sekitar stasiun kereta api. Kedua perusahaan baru saja menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement