Beli Elpiji Subsidi 3 Kilo Wajib Pakai Kartu Kementerian Sosial

Anggita Rezki Amelia
6 Januari 2017, 10:43
Elpiji subsidi
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempercepat penyaluran elpiji subsidi 3 kilogram (kg) secara tertutup. Masyarakat yang membeli elpiji subsidi ini nantinya wajib menggunakan kartu dari Kementerian Sosial.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, pembelian elpiji menggunakan kartu tersebut bertujuan agar penyaluran subsidi lebih tepat sasaran. Apalagi, Kementerian Sosial saat ini telah menyebarkan  800 ribu kartu  di 40 kota seluruh Indonesia. (Baca: DPR Minta Perbaikan Distribusi BBM dan LPG)

Kartu ini berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan fasilitas bantuan subsidi dari pemerintah, seperti beras miskin hingga elpiji. "Satu kartu itu tidak hanya (untuk membeli) elpiji," kata Wiratmaja di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (5/1).

Tahun lalu, Kementerian ESDM sebenarnya sudah pernah menguji coba distribusi tertutup elpiji subsidi 3 kg di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Namun uji coba tersebut  belum menggunakan kartu multifungsi Kementerian Sosial, melainkan dengan uang digital (e-money).

Dalam uji coba tersebut, sekitar 40 ribu rumah tangga dan usaha mikro di Tarakan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menerima kartu uang digital untuk membeli elpiji di pangkalan resmi Pertamina. Pembayaran nontunai itu bekerja sama  dengan bank BUMN, yakni Bank BNI.

(Baca: Setelah BBM, Pemerintah Akan Seragamkan Harga Elpiji)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...