Exxon Diklaim Sanggupi Syarat Pemerintah Garap Blok East Natuna

Miftah Ardhian
6 Januari 2017, 18:43
Luhut
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengklaim ExxonMobil Indonesia telah menyanggupi pemisahan produksi minyak dan gas di Blok East Natuna. Pernyataan itu disampaikan setelah Luhut bertemu perwakilan Exxon yang merupakan salah satu anggota konsorsium penggarap blok tersebut.

Pemisahan produksi minyak dan gas merupakan salah satu syarat dari pemerintah sebelum penandatanganan kontrak pengelolalan Blok East Natuna. "Mereka (konsorsium) akan mulai dengan yang ada minyaknya dulu, baru nanti yang ada gas nya," ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (6/12).

Advertisement

Luhut mengatakan, kedatangan Exxon kali ini memang untuk menjelaskan perkembangan penyusunan kontrak Blok East Natuna. Namun, masih ada poin yang belum disepakati, sehingga penyusunan syarat dan ketentuan dalam kontrak ini masih dibicarakan lebih lanjut.

(Baca juga:  Tanda Tangan Kontrak Blok East Natuna Mundur Akhir 2017)

Yang jelas, Luhut memastikan, pemerintah dan pihak kontraktor akan mencari jalan tengah agar bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Di sisi lain, Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto mengatakan, perusahaannya bersama dengan anggota konsorsium lainnya yakni PT Pertamina (Persero) dan PTT EP Thailand telah menyerahkan usulan-usulan dalam  draf kontrak pada pemerintah.

Grafik: Wilayah Kerja dan Proyeksi Lifting 2017
Wilayah Kerja dan Proyeksi Lifting 2017

Namun, Erwin enggan menyebutkan detail usulan-usulan tersebut. "Ya kita masih menunggu dari pemerintahnya. Kita tunggu pemerintahnya untuk mengajak diskusi," ujar Erwin. 

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement