Tim Saber Pungli Berhasil Lakukan 81 Operasi Tangkap Tangan

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2017, 20:28
Pungli
Antara

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang dibentuk pemerintah mulai memakan korban. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan hingga saat ini tim tersebut telah melakukan 81 Operasi Tangkap Tangan (OTT) di seluruh instansi pemerintah.

Dia menjelaskan 81 OTT dilakukan berdasarkan aduan masyarakat yang masuk ke Tim Saber Pungli. Dalam dua bulan terakhir Tim Saber Pungli telah menerima 22.000 aduan terkait praktik pungli di instansi pemerintah. Banyaknya laporan ini membuktikan bahwa masyarakat percaya dan mendukung upaya pemerintah memberantas pungli.

"Tidak hanya yang kecil tapi (praktik pungli) yang besar kami sapu. Kan sapu bersih namanya," kata Wiranto yang merupakan Penanggung Jawab Tim Saber Pungli, yang ditemui di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (17/1).

Menurut Wiranto, keberhasilan operasi tangkap tangan yang dilakukan Tim Saber Pungli bisa menggambarkan kesungguhan pemerintah dalam memberantas praktik pungutan liar. Respons masayarakat pun cukup positif dengan dibentuknya Tim Saber Pungli yang merupakan bagian dari paket reformasi hukum jilid I.

Pemerintah dan Tim Saber Pungli menyatakan akan terus bekerja keras dalam pemberantasan praktik pungli ini. Apalagi selama ini pungli dianggap sangat menyusahkan masyarakat dan menghambat laju pertumbuhan ekonomi nasional. (Baca: Akhir Tahun, Tim Saber Pungli Kementerian PUPR Belum Berjalan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...