WIKA Raup Kontrak Rp 5,09 Triliun Sepanjang Januari 2017

Pingit Aria
3 Februari 2017, 15:49
Wika
Katadata | Arief Kamaludin

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA telah meraih kontrak baru sebesar Rp 5,09 triliun sepanjang Januari 2017. Angka itu naik lebih dari lima kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Pencapaian tersebut sudah hampir mencapai 12 persen dari total target kontrak baru WIKA di tahun 2017,” kata Direktur Keuangan WIKA, Steve Kosasih melalui siaran pers, Jumat, 3 Februari 2017.

Advertisement

Ia menyatakan, kenaikan terbesar disumbang oleh raihan proyek pembangunan jalan tol Serang - Panimbang dengan nilai kontrak mencapai Rp 3,568 triliun. Selain itu, kontrak jumbo WIKA juga berasal dari proyek pembangunan Integrated Tank Storage Terminal, Jetty and Logistic Services di Lamongan senilai Rp 875 miliar,

WIKA juga mendapat kontrak pembangunan jembatan Soebada di Timor Leste senilai Rp 96,5 miliar, pembangunan jalan dan jembatan Natar Boa di Timor Leste senilai Rp 171 miliar, pembangunan PLTU Sulsel Baru 1x100 MW senilai Rp 253,3 miliar, dan penataan pantai Kuta Lombok senilai Rp 125,6 miliar.

(Baca juga: Wika Targetkan Utang Cina untuk Kereta Cair Akhir Februari)

Kini, di hari ketiga Februari 2017, WIKA meneken nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Nota ini meliputi kerja sama dalam pembangunan beberapa proyek infrastruktur, properti dan realty di mana WIKA dapat pula melakukan investasi di berbagai daerah di Sulawesi Utara.

"Kami berharap kerja sama ini dapat segera terealisasi untuk membangun perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara dengan cepat dan terpadu,” kata Gubernur Sulawesi Utara ujar Olly Dondokambey.

Di antara proyek yang tercakup dalam kerja sama ini adalah Pembangunan,  Pengembangan, dan Investasi pada: Pelabuhan Bitung serta pelabuhan-pelabuhan lainnya di Sulawesi Utara, di daerah pantai dan kawasan-kawasan komersial di daerah Manado, Bitung dan Likupang, termasuk investasi dan pembangunan PLTG 2x100MW di Bitung dan 2x200MW di Likupang.

Grafik: Pencapaian Pengadaan Lahan Tol
Pencapaian Pengadaan Lahan Tol

Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo menyatakan siap mendukung seluruh program yang dicanangkan oleh Pemerintah Sulawesi Utara. "Kami sangat siap untuk menyukseskan pembangunan di Sulawesi Utara sesuai MOU yang kami tanda-tangani hari ini,” tutur Bintang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement