Ahok-Djarot Unggul di Kepulauan Seribu dan Markas FPI

Maria Yuniar Ardhiati
15 Februari 2017, 18:12
Ahok
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjawab pertanyaan wartawan sebelum meninggalkan kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati di Kebagusan, Jakarta, Rabu (15/2).

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memimpin perolehan suara di Kepulauan Seribu. Bahkan, pasangan petahana ini memenangkan penghitungan suara di Petamburan, Jakarta Barat, markas Front Pembela Islam (FPI) yang sangat menentang keras Ahok.

Hasil hitung cepat lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) hingga pukul 18.00 WIB, Rabu (15/2) mencatat, Ahok-Djarot memperoleh 39,3 persen suara di Kepulauan Seribu. (Hasil Hitung Cepat: Databoks Quick Count)

Pasangan ini mengalahkan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, yang mencatatkan perolehan 30,9 persen suara dan calon nomor 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, sebanyak 29,8 persen.

(Baca: Empat Saksi untuk Sidang Perdana Ahok Sebagai Gubernur Aktif)

Padahal, Ahok sempat tersandung masalah besar gara-gara berpidato di Kepulauan Seribu, akhir September tahun lalu. Di Pulau Pramuka, Ahok berpidato sambil menyebut Surat Al-Maidah, yang kemudian dianggap telah menistakan Agama Islam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...