‘Orang Dalam’ dan Politisi DPR Berebut Kursi Anggota BPK

Martha Ruth Thertina
17 Februari 2017, 14:42
BPK
Arief Kamaludin|KATADATA
BPK

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai memproses pemilihan dua anggota baru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Calon petahana Agung Firman Sampoerna bakal bersaing dengan 27 pelamar lain yang berasal dari kalangan internal BPK, akademisi, hingga anggota DPR.

Wakil Ketua Komisi Keuangan DPR Soepriyatno menjelaskan, proses pemilihan tengah memasuki tahap meminta pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). “Sudah cek list semua 28 orang, kami serahkan ke DPD, minta pertimbangan DPD,” katanya kepada Katadata, Jumat (17/2).

Nantinya, DPD akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai dasar dalam membuat rekomendasi untuk Komisi Keuangan DPR. Rekomendasi tersebut berisi beberapa nama calon yang dianggap paling mumpuni untuk menduduki jabatan anggota BPK. Proses di DPD tersebut bakal berlangsung maksimal satu bulan.

Setelah mendapat rekomendasi DPD, Komisi Keuangan DPR akan kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap seluruh calon, sebelum akhirnya memilih dua calon untuk menjadi anggota BPK periode 2017-2022. “Awal maret (rekomendasi) masuk ke kita (komisi Keuangan DPR), baru kita minta fit and proper test,” kata Soepriyatno.

(Baca juga: Bursa Pemilihan Anggota BPK Kembali Dibuka)

Hingga kini, menurut dia, komisi belum memiliki calon yang dijagokan. Hanya saja, ia menyebut ada beberapa auditor yang turut bersaing dalam pemilihan anggota BPK kali ini. Di antaranya Bambang Pamungkas yang merupakan Auditor Utama Keuangan Negara V BPK. “Ada beberapa tortama (auditor utama). Kami ingin yang terbaik, tapi sekarang belum ada referensi karena belum fit and proper test,” ujarnya.

Selain Bambang, ada beberapa calon lain dari internal BPK yaitu Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK Sjafrudin Mosii, Auditor Utama Keuangan Negara VII Abdul Latief, Auditor BPK Hendra Susanto, Kepala Perwakilan BPK Sumatera Selatan I Gede Kastawa, Inspektur Utama BPK Mahendro Sumardjo, serta Anggota BPK Agung Firman Sampoerna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...