Dibandingkan dengan para pesaingnya, Nokia 3310 sebenarnya merupakan sebuah "komputer super".
nokia 3310
Nokia

Nokia berusaha kembali unjuk gigi di pasar telepon seluler (ponsel) dunia. Tak hanya lewat ponsel pintar (smartphone), salah satu pionir ponsel ini juga berusaha merayu pengguna lewat produk lawasnya. 

Seperti dilansir The Telegraph, Sabtu (18/2), Nokia akan meluncurkan ponsel klasik seri 3310 ke pasar pada akhir Februari ini.  Peluncuran ini menunggu HMD, perusahaan asal Finlandia yang memegang hak atas merek dagang Nokia, mengumumkan versi terbaru dari Nokia 3310 itu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

(Baca: Bisnis Ponsel Lagi, Nokia Akan Luncurkan Smartphone Android)

Meski smartphone kini menggempur pasar dengan fitur koneksi internet 4G, layar sentuh, serta berbagai aplikasi, Nokia optimistis 3310 masih mendapatkan tempat istimewa di hati banyak orang. Penjualan seri ponsel ini mencapai lebih dari 100 juta unit.

Dengan harga yang diperkirakan berkisar £ 50 (sekitar Rp 829 ribu), Nokia 3310 yang baru diprediksi akan populer seperti pendahulunya. Ini sejumlah alasan banyak orang memuja ponsel lawas itu.

Pertama, daya tahan baterai smartphone hanya satu hari. Itu pun jika penggunanya beruntung. Sementara itu, baterai Nokia 3310 bisa bertahan lebih dari satu pekan. Bahkan selama sepekan, empat batang hitam di pojok kanan atas layar sebagai indikator baterai tak berubah.

Kedua, Nokia 3310 tidak menampilkan persentase baterai yang tersisa, seperti smartphone, sehingga tidak menimbulkan kepanikan pengguna. Selain itu, pengguna mudah mendapatkan pengisi daya atau charger Nokia 3310 di mana pun karena ponsel ini sangat populer di dunia.

Ketiga, dalam keadaan darurat, para pengguna bisa saling bertukar baterai. Ketika Nokia 3310 populer di masanya, baterai ponsel belum beragam, ponsel belum memiliki layar berwarna maupun radio dengan fasilitas bluetooth. Namun, Nokia 3310 tetap menawarkan kenyamanan.

(Baca: Ponsel Pintar Android Nokia Dirilis di Cina Seharga Rp 3,2 Juta)

Saat layar smartphone retak atau tombol home tidak bisa berfungsi, para pengguna smartphone akan merindukan masa ketika Nokia begitu populer. Ponsel Nokia disebut-sebut tidak akan rusak mesti terjatuh dari lantai tiga dan menghantam lantai.

Selubung Nokia 3310 terbuat dari plastik. Ponsel ini pun memiliki tombol yang bisa diganti-ganti. Ciri khas ini telah membuat Nokia 3310 menjadi lelucon di meme yang viral.

Sinyal Nokia 3310 juga boleh diadu dengan ponsel pintar masa kini, termasuk iPhone. Otoritas komunikasi Inggris, Ofcom menjelaskan, sinyal pada smartphone yang dibuat dari metal dan kaca lebih rendah dibanding ponsel yang berbahan plastik.

(Baca: Apple akan Bangun Pusat Riset di Indonesia Awal 2017)

Di sisi lain, Nokia 3310 bisa dianggap ketinggalan zaman jika menggunakan standar masa kini. Namun, dibandingkan dengan para pesaingnya, 3310 sebenarnya merupakan sebuah "komputer super".

Ponsel ini memiliki stopwatch, jam dengan alarm, serta kalkulator. Bahkan, Nokia 3310 mampu mengirim pesan lebih dari 140 karakter.

Selain itu, ketika Game Boy terkenal di masa lalu, Nokia 3310 menghadirkan fitur permainan instan. Yang paling terkenal adalah Snake II. Para pengguna bisa memainkannya tanpa perlu membaca petunjuknya.

Nokia 3310 pernah identik dengan warna biru tua. Namun selanjutnya, produk tersebut pun muncul dengan warna-warna terang.

Artikel Terkait
Secara teknikal, harga saham perusahaan perakitan alat-alat elektronik ini sudah mahal. Sedangkan secara fundamental, rasio harga saham terhadap laba bersih per saham (PER) Sat Nusapersada 13,46 kali.
"Cina merupakan pasar smartphone terbesar dan paling kompetitif di dunia."
Pangsa pasar yang ditinggal Note 7 menjadi ributan para kompetitor Samsung.