2050, Populasi Kakap, Tuna dan Kepiting Bisa Bernilai Rp 50 Triliun

Image title
22 Februari 2017, 17:06
Tuna
Donang Wahyu|KATADATA
Nelayan melakukan bongkar muat ikan tuna dan cakalang di pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan University of California Santa Barbara (UCSB) menyampaikan hasil riset mengenai manfaat manajemen perikanan berkelanjutan di Indonesia. Riset tersebut merupakan analisis awal mengenai potensi manfaat dari reformasi perikanan yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Kesimpulannya, dengan pemberantasan pencurian ikan atau Illegal, Unreported, Unregulated (IUU) Fishing, diprediksi volume biomassa atau organisme biologis yang hidup di laut Indonesia bisa meningkat hingga tiga kali lipat dalam 33 tahun.

“Kami melakukan analisis potensi perolehan tangkapan, bertambahnya jumlah ikan di laut, serta bagaimana memperoleh keuntungan finansial yang lebih besar,” kata peneliti dari University of California Santa Barbara, Christopher Costello di kantor KKP dalam Seminar Benefits Of Sustainable Fisheries Management in Indonesia, Rabu (22/2).

(Baca juga: Indonesia Surga Perikanan Dunia

Ia berharap, riset tersebut berguna untuk memperoleh proyeksi perikanan indonesia, serta pilihan kebijakan untuk mempromosikan managemen perikanan yang berkelanjutan. “Penelitian ini mengenai tantangan yang dihadapi perikanan lokal, penangkapan ikan yang berlebih, dan inovasi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut,” kata Costello.

Costello mengatakan penelitian yang dilakukan selama satu tahun sejak Juni 2016 sampai Juni 2017 tersebut ditujukan untuk mengembangkan dan memberikan arahan reformasi dalam sektor perikanan.

Pada tahap pertama penelitian, tim dari Grup Perikanan Berkelanjutan atau  The Sustainable Fisheries Group (SFG) UCSB dan the Packard Foundation serta KKP fokus mengidentifikasi kebutuhan data potensi perikanan unggulan Indonesia seperti tuna jenis skipjack, kakap, dan kepiting biru perenang (blue swimming crab).

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...