Pengusaha Dorong Pemerintah Buat Kebijakan Tingkatkan Kualitas SDM

Miftah Ardhian
24 Februari 2017, 17:07
MS Hidayat.jpg
KATADATA/

Pemerintah diminta segera membuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Langkah ini diperlukan untuk dapat mendorong kemajuan industri, sehingga bisa berujung pada pemerataan kondisi sosial dan ekonomi nasional.

Hal ini diungkapkan pengusaha yang juga mantan Menteri Perindustrian MS Hidayat saat menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dia memberikan masukan kepada pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi dan dampaknya terhadap kondisi industri saat ini.

"Di kalangan pengusaha ada permintaan untuk membuat suatu policy untuk meningkatkan pemerataan," ujar MS Hidayat usai bertemu Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (24/2). (Baca: Industri Dapat Insentif dari Pemerintah untuk Tingkatkan SDM)

Menurutnya, pemerataan ini penting untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antarmasyarakat. Pemerataan ini bisa tercapai, salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM yang bisa memenuhi kebutuhan industri. Peningkatan kemampuan dan keahlian dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Untuk meningkatkan kualitas SDM ini, perlu adanya pelatihan dan pendidikan vokasi yang baik dengan melibatkan sektor Industri. Hidayat mengaku kalangan industri siap menyediakan fasilitas dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM nasional, jika pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tepat mengenai hal ini.

(Baca juga: Pemerintah Terbitkan Aturan Pendidikan Kejuruan Berbasis Industri)

Hidayat yang juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini mengusulkan kebijakan tersebut berbentuk Peraturan Pemerintah (PP). Salah satunya karena kebijakan ini akan melibatkan banyak sektor, seperti Kementerian Keuangan, terkait insentif bagi industri yang terlibat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...