Pemerintah Gandeng Otoritas Pajak Inggris Bahas Pajak Google

Martha Ruth Thertina
8 Maret 2017, 18:59
Google digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya mengejar setoran pajak dari Google. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menggandeng otoritas pajak Inggris.

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengadakan pertemuan dengan otoritas pajak Inggris, Her Majesty's Revenue and Customs (HRMC), di London, Inggris, Selasa (7/3) lalu. Dalam pertemuan tersebut, Dirjen Pajak bertukar pengalaman mengenai pengejaran pajak global atas perusahaan raksasa digital Over The Top (OTT) hingga persiapan menuju kerja sama global: pertukaran data secara otomatis (Automatic Exchange of Information/AEOI).

Advertisement

Dalam keterangan tertulisnya, Ditjen Pajak memaparkan, Dirjen Pajak dan Komisioner HMRC menyadari perlunya komitmen dan pendekatan bersama untuk menyelesaikan masalah pajak global saat ini. Sebab, “Globalisasi dan praktik agresif perencanaan pajak yang dilakukan oleh perusahaan berskala lintas negara dan para orang pribadi kaya (high wealth individual taxpayers) telah mengerus basis pemajakan di masing-masing negara,” katanya dalam siaran pers yang diterima Katadata, Rabu (8/3).

Menurut Komisioner HMRC, dalam mengejar pajak perusahaan OTT, pihaknya menerapkan Diverted Profit Tax (DPT) atau yang dikenal secara internasional sebagai "Google Tax". Pajak ini merupakan pajak agresif sebesar 25 persen dari keuntungan perusahaan yang belum berwujud Bentuk Usaha Tetap (BUT) bila terbukti keuntungannya dibawa ke negara lain yang pajaknya lebih rendah.

(Baca: Meniru Inggris, Ditjen Pajak Godok Aturan Baru Kejar Google)

“Dalam penerapan DPT,  HMRC mendapat dukungan luas dari lapisan stakeholders-nya.” Adapun, pemerintah Indonesia diketahui sempat mengkaji kemungkinan penerapan pajak sejenis untuk mengejar pajak dari perusahaan OTT seperti Google, Facebook, dan Twitter. (Baca juga: Ditjen Pajak Prediksi Google Bayar Kewajiban Pajak Bulan Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement