Menteri Rini Luncurkan Holding 70 Rumah Sakit BUMN

Miftah Ardhian
23 Maret 2017, 11:01
Menteri BUMN, Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri BUMN, Rini Soemarno

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi meluncurkan Indonesia Healthcare Corporation (IHC). Perusahaan ini merupakan induk usaha (holding) yang membawahi rumah sakit BUMN. Holding ini merupakan terobosan pemerintah dalam meningkatkan standar pengelolaan rumah sakit yang dimiliki negara.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan IHC menjadi sebuah jaringan pengelolaan rumah sakit atau operatorship terbesar di Indonesia. Perusahaan ini mengelola lebih dari 70 rumah sakit BUMN. Pembentukan holding rumah sakit BUMN diharapkan dapat meningkatkan posisi tawar dan daya saing dalam bisnis rumah sakit.

Advertisement

"Diharapkan dapat menjadi kekuatan jejaring bagi rumah sakit milik BUMN," ujar Rini dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (22/3). Kekuatan ini utamanya dalam hal pengadaan barang dan sumber daya manusia, melalui transfer pengetahuan dan peningkatan keahlian tenaga medis.

(Baca: DPR Diklaim Setujui Payung Hukum Pembentukan Holding Sektoral BUMN)

Dia berharap dengan terbentuknya holding ini, dapat membuat tata kelola rumah sakit BUMN menjadi semakin baik dan berkelas dunia. Selain mengakomodasi pembiayaan kesehatan melalui BPJS, rumah sakit BUMN juga harus mampu meningkatkan pelayanan dan teknologi. Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Rini menjelaskan ide awal holding ini muncul karena banyak rumah sakit BUMN yang pengelolaannya kurang baik. Saat ini tercatat ada 77 rumah sakit dan klinik yang melayani kebutuhan kesehatan karyawan BUMN dan masyarakat sekitarnya. Namun, antara satu rumah sakit dengan lain, kualitasnya cukup jauh. Bahkan beberapa Rumah Sakit harus ditutup karena tidak dikelola dengan manajemen yang baik dan benar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement