Bank Permata Terbebani Kredit Macet Garansindo Rp 1,2 Triliun

Martha Ruth Thertina
Oleh Martha Ruth Thertina - Desy Setyowati
25 Maret 2017, 14:55
Bank permata
Katadata | Arief Kamaludin

PT Bank Permata Tbk tengah berupaya merestrukturisasi tumpukan kredit bermasalah untuk memperbaiki kinerja keuangannya yang terpuruk tahun lalu. Ditengarai, salah satunya adalah kredit macet Grup Garansindo senilai lebih Rp 1 triliun.

Sumber Katadata di perbankan menyatakan, nilai kredit macet Grup Garansindo di Bank Permata mencapai Rp 1,24 triliun. Kredit itu dikucurkan sekitar empat tahun lalu. “Debitor kredit macet terbesar Bank Permata adalah Garansindo yang macet sejak tahun lalu,” katanya beberapa hari lalu.

Advertisement

Sedangkan sumber lain mengungkapkan, upaya penagihan atas kredit macet itu dilakukan Bank Permata secara gencar. Proses negosiasi dengan Garansindo juga kerap dilakukan. Namun, hingga kini, upaya-upaya itu belum membuahkan hasil. “Bank sudah capek menagihnya,” ujarnya, namun tak mau disebutkan identitasnya.

(Baca juga: Tertekan Kredit Bermasalah, Laba Bank-Bank Besar Anjlok)

Kredit macet ini langsung memukul kinerja keuangan Bank Permata. Rasio kredit seret atau Non Performing Loan (NPL) bank swasta milik Grup Astra dan Standard Chartered Bank ini langsung melejit menjadi 8,8 persen per akhir 2016, dari cuma 2,7 persen pada 2015. Adapun rasio NPL-netto tahun lalu sebesar 2,2 persen.

Alhasil, Permata harus meningkatkan rasio pencadangan NPL dari 97 persen pada Desember 2015 menjadi 122 persen dengan nilai Rp 12,21 triliun di akhir 2016. Imbasnya, bank ini menderita rugi bersih Rp 6,48 triliun tahun lalu, yang tercatat merupakan kerugian terbesar perbankan di Indonesia.

Manajemen Garansindo masih bungkam perihal kabar kredit macetnya di Bank Permata. Managing Director Garansindo, Dhani Yahya, mengaku tidak berwenang menjelaskan persoalan tersebut.

“Tidak bisa komen (komentar) di luar kewenangan saya. Tidak bisa memberi statement (pernyataan) mengenai kredit,” katanya, pekan lalu.

Ia pun meminta Katadata mengirimkan pertanyaaan via surat elektronik untuk diteruskan kepada pejabat yang berwenang. Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada balasan dari Garansindo.

Deretan nama mentereng

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement