Penghematan Besar-besaran, Jokowi Minta Coret Anggaran Tak Bermanfaat

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2017, 10:45
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan pernyataannya soal penghematan anggaran yang dilontarkannya kemarin. Usai bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, Jokowi masih meminta setiap Kementerian dan Lembaga (K/L) meneliti satu per satu belanja barangnya.

Dia ingin setiap K/L meninjau kembali semua program anggarannya lebih rinci hingga ke satuan tiga. Satuan tiga merupakan dokumen anggaran yang memuat deskripsi kegiatan dan rincian pagu anggaran setiap program.

Advertisement

"Mana yang kira-kiranya rutinitas mana kiranya yang tidak bermanfaat langsung coret, masukkan ke belanja modal. Silakan belanja modal itu digunakan juga di kementerian itu bukan digeser ke kementerian yang lain.," kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (5/4).

Jokowi menegaskan bahwa hal ini wajib dilakukan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sudah dirancang, benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Bahkan dia sudah memperingatkan soal penghematan ini sejak tahun lalu. (Baca: Jokowi Perintahkan Lagi Penghematan Belanja Barang Pemerintah)

Dalam Sidang Kabinet kemarin Presiden Joko Widodo memerintahkan setiap kementerian dan lembaga kembali melakukan penghematan besar-besaran pada tahun ini dan tahun depan. Penghematan yang dimaksud adalah untuk belanja barang yang bersifat non belanja modal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement