"Menjelang lebaran ini kan ruas tol Bawen-Salatiga harusnya sudah kami buka," ujar Dirut Jasa Marga Desi Aryani
Tol Salatiga Bawen
Pekerja menggarap pembangunan Tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/1/2017). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berencana mengoperasikan ruas tol baru Trans Jawa untuk mengantisipasi arus mudik lebaran. Salah satu ruas tol yang sedang disiapkan adalah ruas Bawen-Salatiga di Jawa Tengah. Saat ini tol tersebut masih dalam tahap finalisasi konstruksi.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Aryani mengatakan ada beberapa ruas tol yang sedang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran. Beberapa ruas tol ini diharapkan dapat membantu pemudik untuk mencapai tujuannya. Salah satu yang sedang disiapkan adalah beberapa ruas tol di Jawa Tengah.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Menjelang lebaran ini kan ruas tol Bawen-Salatiga harusnya sudah kami buka," ujar Desi saat ditemui di Hotel Ritz-Charlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/4). (Baca: Mudik Lebaran, Tol dari Jakarta Ditargetkan Tembus Hingga Kendal)

Selain ruas tol tersebut, kata Desi, Jasa Marga juga akan berupaya membuka ruas tol Gempol-Pasuruan seksi I. Bahkan, ruas tol tersebut diklaim sudah akan beroperasi secara penuh, bukan hanya fungsional. Saat ini, Jasa Marga sudah mengoperasikan ruas tol tersebut sepanjang 7 kilometer (Km). 

"Nanti akan kami operasikan yang 7 Km lagi," ujar Desi. Dengan demikian, bagian dari tol Gempol-Pasuruan, sudah bisa dioperasikan di ruas Gempol-Bangil.

Sebelumnya, Desi mengatakan ruas tol Batang-Semarang sepanjang 74,2 kilometer (km) belum bisa dioperasikan sepenuhnya. Dia hanya bisa memastikan seksi I (Batang-Batang Timur) sepanjang 3,5 km dan seksi II (Batang Timur-Weleri) sepanjang 33,84 km, beroperasi menyambut arus mudik lebaran 2017.

"Seksi I dan seksi II itu sudah mantap fungsional. Seksi III dan IV masih kejar-kejaran pembebasan tanah dan fisik (konstruksi)," ujarnya. (Baca: Jokowi : Jakarta - Banyuwangi Tersambung Tol Tahun 2019)

Meski begitu, Jasa Marga menyatakan akan terus berupaya menyelesaikan pembangunan Seksi III dan IV agar bisa dilalui pemudik pada libur lebaran tahun ini. Salah satu upayanya adalah pihak Jasa Marga telah menandatangani nota kesepahaman untuk memperoleh dana talangan bersama dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)

Penandatanganan dana talangan untuk mempercepat proses pembebasan lahan ini dilakukan tadi pagi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Total keseluruhan dana pembebasan lahan tol Batang-Semarang diperkirakan sekitar Rp 1,5 triliun.

Artikel Terkait
"Saya perintahkan jalur ganda dimulai pekerjaannya," kata Jokowi
"Perkiraan saya, dengan investasi asing dan pemerintah, paling kencang di infrastruktur pada 2018," kata Bambang
Infrastruktur tersebut adalah tiga proyek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan satu proyek jalan tol Akses Tanjung Priok.