Jokowi : Jakarta - Banyuwangi Tersambung Tol Tahun 2019

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2017, 11:09
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/6)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jalan tol Jakarta hingga Banyuwangi dapat terhubung pada tahun 2019 mendatang. Hal itu disampaikannya saat meninjau proyek pembangunan jalan tol Bawen - Salatiga kilometer +37.600, Jembatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Jokowi berharap, ruas tol Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Surabaya sudah bisa tersambung pada 2018. Berikutnya, dari Surabaya ke arah timur hingga Banyuwangi bisa dirampungkan pada 2019.

Tersambungnya jalan tol Trans Jawa ini diharapkan akan mendukung mobilitas dan aksesibilitas masyarakat di Pulau Jawa. "Kita sambung dari ujung ke ujung di Jawa," ujar Presiden dikutip dari siaran pers, Sabtu (8/4).

(Baca juga: Mudik Lebaran, Tol dari Jakarta Ditargetkan Tembus Hingga Kendal)

Dalam tinjauannya ke ruas Bawen - Salatiga, Jokowi mengatakan ruas tersebut merupakan salah satu yang tersulit mengingat konturnya yang berupa perbukitan. Apalagi menurutnya ada 140 ribu meter kubik tanah yang perlu dipindahkan untuk menjalankan proyek ini. "Terutama di wilayah Tuntang yang perlu pemotongan bukit," kata Jokowi.

Namun untuk lahan tol, Jokowi mengatakan hampir saat ini relatif tidak ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan tol Trans Jawa. Dirinya mengatakan saat ini proses yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hanya tinggal konstruksi saja."Hampir rata-rata setiap ruas dan seksi (pembebasan lahan) sudah 97 sampai 99 persen," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...