Pertamina dan ExxonMobil Teken Perjanjian Senilai Rp 80 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2017, 20:07
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) dengan ExxonMobil menandatangani kerja sama senilai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 80 triliun. Penandatanganan itu disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Selain itu, ada juga kerja sama antara PT PLN (Persero) dengan Pacific Infrastructure Capital Group senilai US$ 2 miliaratau sekitar Rp 26 triliun yang hari ini diteken.

Advertisement

"Jadi memang tadi ditandatangani sebesar US$ 8 miliar (sekitar Rp 106 triliun) di depan kedua Wakil Presiden. Memang banyak di bidang energi," kata Retno ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/8).

Temui JK, Wapres Amerika Kagumi Demokrasi Indonesia dan Pilkada DKI)

Tak hanya membahas kerja sama di bidang energi, pemerintah akan membentuk tim yang terdiri dari sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait rencana penguatan kerja sama bilateral dengan AS. Menurutnya, kerja sama tersebut bisa saja berupa Preferential Trade Agrrement (PTA), Free Trade Agreement (FTA), atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Tim itu akan terdiri dari Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), serta dari Kementerian Luar Negeri. “Bulan depan saya sudah akan masuk ke Washington, sudah akan mulai menginisiasi pembicaraannya," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement