Citilink Buka Penerbangan Regional Pertama ke Timor Leste

Miftah Ardhian
2 Mei 2017, 17:47
Citilink
Arief Kamaludin | Katadata

Maskapai penerbangan berbiaya murah (Low Cost Courier/LCC) Citilink akan membuka rute penerbangan Jakarta-Dili mulai 12 Mei mendatang. Rute ke Timor Leste ini menjadi penerbangan regional pertama bagi anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. ini.

Pembukaan rute baru ini dilakukan untuk memenuhi permintaan penerbangan ke daerah tersebut, sekaligus mengambil pasar (market) penerbangan dari maskapai penerbangan swasta. Penerbangan Jakarta akan transit terlebih dahulu ke Bali, sebelum sampai di Dili. 

Advertisement

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan sebenarnya pada September 2015 hingga Januari 2017, Citilink pernah mengoperasikan rute Denpasar–Dili  sebagai penerbangan charter berjadwal. Pengelolaannya dilakukan dengan bekerjasama dengan maskapai lokal di Timor Leste.

Melihat pasar yang cukup menjanjikan, Citilink pun mencoba untuk membuka penerbangan reguler berjadwal. "Kapasitas di sana, untuk rute ke Dili, baru dikelola oleh Sriwijaya dan Nam Air, dalam satu Sriwijaya Group. Kami ingin mengambil share di situ dan mau mengambil kapasitas di situ," ujar Juliarto saat konferensi pers, di Hotel Morrisey, Jakarta, Selasa (2/5).

(Baca: Sambut Mudik 2017, Garuda Tambah 45 Ribu Kursi Penerbangan)

Dalam rute Jakarta-Dili, Citilink akan membuka satu penerbangan setiap hari dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.55 WIB. Kemudian, akan sampai di Denpasar, Bali pada pukul 07.55 WIT untuk transit dan memulai penerbangan ke Dili pada pukul 09.25. Diperkirakan akan sampai pada pukul 12.20 waktu Dili.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement